Selamat Datang Di Blog Isqy Kikuk :) semoga ada yang bermanfaat hehehe

Rabu, 29 Juli 2015

Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Pengalaman di Dataran Tinggi Dieng Plateau Wonosobo

Sekian lama disibukkan dengan kerja banting tulang (lebay) ahirnya.. ada kesempatan baut liburan juga yihaaaa…:)
Oke kali ini aku bakal berbagi pengalaman dan keseruan kami saat di Dataran Tinggi Dieng Plateau Wonosobo
Sebelum puasa (tahun 2015), temen ngajakin liburan setelah lebaran nanti.. rencana si ke Kawah Putih Bandung.. oke aku si ikut aja namanya juga di ajak hehe
Nah pas pertengahan puasa tiba-tiba temen aku ngebatalin planing yang udah di rencanain sebelumnya (sempet sedih gegera gatot tapi apalah daya karna faktor ini itu blablabla… ) ok fix kita gatot buat liburan ke kawah putih bandung
Puasa hampir usai galau bingung sedih campur aduk padahal pengen liburan tapi ga ada temen :(

Eh tiba tiba ada salah satu temen yang calling ke aku ngajakin liburan ke jogja tapi sayang gatot lagi gegara di tanggal itu aku sudah mulai aktivitas seperti biasa (kerja mamen cari duit biar cepet kaya )
Aku pikir ya sudah lah tahun ini ga ada liburan cukup dirumah saja :(
H-4 menuju lebaran iseng aku yang ngajakin temen buat liburan karna sangkin pengennya liburan xixixixi
Tapi aku juga bingung mo kemana ya… (mikir keras)
di waktu luang pas lgi kerja searching di internet cari tempat liburan yang asik nyaman aman dan terjangkau hehehe
nah ahirnya nemu ide kenapa ga ke dieng aj kayanya cucok buat liburan pas abis lebaran nanti,
dari H-4 ngrencanain ini itu dan sebagainya yah walaupun niatnya Cuma jalan-jalan aj
malam sebelum keberangkan kita ke dieng ternyata temen aku yang ada di batang ngabarin katanya besok mau ke dieng sama teman’’nya juga
kebetulan aku juga mau ke dieng ahirnya kita sepakatin pergi ke dieng bareng-bareng
dari sini aku sudah searching rute pemberangkatan aku memilih rute Slawi – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Bandar – Wonosobo karna menurut aku rute ini lebih gampang dan salah satu teman aku yang dari batang juga tau rute menuju dieng
setelah lebaran H+2 tepat hari minggu tgl 19 Juli 2015 kita cuzz ke dieng wonosobo
kita dari rumah Cuma 2 orang mengunakan sepeda motor kita ngambil jalur utara ke timur (melalui jalan pantura)
kita berangkat dari rumah (slawi kab. Tegal) kurang lebih jam 07.00 WIB Alhamdulillah jalan raya pantura masih belum ramai jadi kita bisa ngebut wuz wuz wuz…
kita tiba di batang jam 09.00 WIB setelah tiba di batang dan ngumpul semua siapa-siapa saja yang akan ikut ke dieng, kurang lebih jam 10.00 WIB kita berdelapan (8) dengan empat (4) sepeda motor ngelanjutin perjalan menuju tujuan utama kita “DIENG”
ga kebayang dong gimana perasaan aku yang sangat amat senang (lebay) ahirnya bisa liburan jalan-jalan ke luar kota juga…
dari batang ke Bandar jalan yang kita lalui aman-aman saja jalanan mulus lebar aman tanpa lubang. Saat perjalanan memasuki hutan pinus jalanan mulai ada tikungan tajam dan tanjakan. Disini suasana cukup adem hijau dan asri pemandangan hutan pinus, ditambah aspal yang masih bagus. Nah pas kita sudah ada di Hutan dan Desa Kembang langit…

Jalan di Kembang Langit

Jalanan mulai rusak mungkin hanya sebagian jalan yang bisa dilalui karna banyak lubang dan tanjakan yang cukup tajam, sumpah pas dikawasan ini ga asik bgt, rata-rata kecepatan kendara yang melintas di kawasan ini hanya 20km / jam itu saja sudah bagus sekali, disini kita juga harus ekstra hati-hati
setelah kita berjuang untuk melewati hutan dan jalanan yang rusak parah ahirnya kita terbebas dan sampai di bantur
sesampainya di bantur kita mampir di alfamart untuk membeli snack dan softdrink buat cemilan kita nanti pas di dieng sekalian instirahat sejenak
ok istirahat cukup kita ngelanjutin lagi ke tujuan utama “DIENG”
saat perjalanan menuju dieng kita disuguhkan mahakarya alam yang sangat luar biasa, hijau sejuk hamparan sawah yang berkelok-kelok sungguh memanjakan mata ini.
Sesampainya kita di dieng ya ampun… macet cin.. hal ini mungkin bakal kita temui di semua tempat obyek wisata tak terkecuali di DIENG, maklum habis lebaran banyak rombongan keluarga dll yang pada liburan.
Tapi kita masih semangat meski macetttttttttte puanjang bgt, kita sampai di dieng kurang lebih jam 12.30 WIB
Markir motor cus ke obyek wisata yang pertama “TELAGA WARNA” tiket untuk masuk ke telaga warna cukup murah yaitu Rp. 3.000,- per orang karna kita rombongan kita dapet bonus kartu diskon yang fungsinya untuk mendapatkan diskon kalau kita membeli oleh-oleh di pusat oleh-oleh dieng.
 Telaga Warna Dataran Tinggi Dieng

Disini kita memilih untuk ke telaga warna dengan menaiki bukit, yah cukup menguras tenaga untuk sampai di atas bukit, tapi setelah melihat keindahan telaga warna dari atas bukit terbayar sudah rasa cape dll sungguh indah pemandangannya…dengan background hamparan lukisan yang sempurna, rasa-rasanya enggan beranjak dari tempat ini :)
 Potret di Telaga Warna

Sudah cukup puas menikmati indahnya telaga warna dari atas bukit, kita putuskan untuk ke obyek wisata selanjutnya Kawah Sikidang.
Untuk tiket masuk ke Kawah Sikidang cukup mahal ya mungkin karna lebaran jadi dinaikan jadi Rp. 10.000,- perorang, disepanjang jalan menuju Kawah Sikidang banyak yang menjual Masker, tau dong Kawah itu baunya apa (emang bau apa) bau belerang yang sangat menyengat sehingga wajib ga wajib kudu pake masker.

Potret di Kawah Sikidang

Dan lagi lagi sesampainya di kawah sikidang disuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya, disini kita bisa menikmati kentang dan telur rebus yang dimasak langsung dalam kawah sikidang, ada juga penyewaan motor cros, bisa foto selfi sama kuda, burung hantu, elang dll. Lah aku malah foto sama bule hehehe..

Potret di Kawah Sikidang sama Bule

Tak lupa aku membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah yaitu carica, buah yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi dieng kalo di liat-liat si seperti buah pepaya rasanyapun ga jauh beda mirip dengan buah pepaya, tapi yang saya beli ini adalah manisan carica.

Carica

Jam menunjukan 16.30 WIB kabut sudah mulai turun dingin mulai menusuk tulang, saat itu juga kita lanjutkan perjalanan menuju candi arjuna tapi sesampainya disana kabut sudah menutupi jarak pandang kita, dan dilokasi ini benar-benar ramai sekali ahirnya aku dan rombongan memutuskan untuk tidak ke candi arjuna, sedih sih udah jauh-jauh ke dieng tapi ga sempet ke candi arjuna sempet ada rencana untuk bermalam di dieng tapi karna beberapa hal ahirnya saat itu juga kita turun untuk pulang.
Kita pulang dengan rute yang sama, saat perjalanan pulang kabut mulai tebal jadi lebih berhati-hati dalam mengendarai motor ditambah dingin yang menusuk tulang ga kebayang gimana rasanya klo ia bermalam di dataran tinggi dieng berrrrr…..
Sesampainya dibantur dan masih diselimuti dinginnya udara disana aku dan rombongan mampir disalah satu rumah makan mie ongklok, emmm ternyata mie ongklok itu enak buanget tapi sayang saat kita santap mie’nya semakin lama semakin dingin padahal baru beberapa detik kurang lebih 1 menit, yah itu Karena efek udara disana yang sangat amat dingin. Kopi yang baru saja di seduh dengan air panas cepat sekali menjadi dingin, sungguh pengalaman baru menikmati mie ongklok dan kopi dingin xixixixixi
Setelah perut terisi aku dan rombongan melanjutkan perjalanan pulang…
Buat kamu ne yang pengen liburan atau sekedar jalan-jalan apalagi ingin bermalam di dieng pastikan membawa jaket yang super tebel karna udara disana sangat amat dingin bawa juga obat-obatan kali aj disana masuk angin xixixi
Sungguh indah pemandangan di dataran tinggi dieng ga bakalan nyesel klo kalian berkesempatan buat liburan kesana, aku aj ketagian pengen kesana lagi pengen bermalam juga pengen ngerasain sensi dinginnya udara mlm di dataran tinggi dieng xixixi
Dan ga usah kawatir jika kalian ingin bermalam disana, disana banyak sekali homestay” disepanjang jalan dieng tentunya dengan harga terjangkau dan homestay” ini ga jauh dari semua obyek wisata.
Ini pengalamanku saat di dataran tinggi dieng yang pasti takan pernah terlupakan karna keindahan alamnya, semoga ada kesempatan dan waktu luang untuk berkunjung kembali di negeri di atas awan ini “Dieng”.